Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo

logo rskd1

Capaian Indikator Mutu RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan

RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan telah menetapkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 yang dikeluarkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebagai acuan pelayanan di rumah sakit. Peningkatan mutu dan keselamatan pasien merupakan fokus utama dari seluruh kegiatan pelayanan dan asuhan pasien.  Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan menjamin keselamatan pasien maka RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, melalui Komite Mutu dan Keselamatan Pasien (KMKP) telah menetapkan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau seluruh unit pelayanan di rumah sakit.

Direktur bersama dengan jajaran struktural dan pimpinan unit pelayanan telah memilih dan menetapkan pengukuran mutu di setiap unit, baik unit pelayanan maupun unit kerja, setrta mutu pelayanan prioritas rumah sakit. Berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Direktur, jajaran struktural, KMKP, dan seluruh pimpinan unit, maka telah ditetapkan Daftar Indikator Mutu yang akan diukur dan dikawal bersama. Setiap indikator dibuat profilnya oleh KMKP bersama unit terkait. Pengumpulan data dilakukan oleh PIC Data unit terkait. Pemantauan pengumpulan data dilakukan melalui supervisi oleh pimpinan unit. Selain itu juga dilakukan supervisi oleh KMKP dan Direktur. Target capaian setiap indikator mutu mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit , target dari Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK), dan dari keputusan pimpinan Unit bersama dengan KMKP. Seluruh unit membuat laporan hasil capaian indikator mutu kepada KMKP.

Dari data indikator mutu yang telah dikumpulkan oleh setiap unit, selanjutnya dilakukan analisis dan ditampilkan dalam bentuk diagram garis untuk melihat tren. Khusus untuk 12 indikator mutu nasional dilakukan benchmarking melalui SISMADAK. Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk melihat perkembangan mutu pelayanan rumah sakit berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.

Hasil capaian indikator mutu dapat dilihat pada laporan berikut: