Pertanyaan :

untuk dokter spesialis tht... maaf dokter sblmnya sdh mggu wktunya... ni sy skit tenggorokan sdh lm...prnh periksa dikatakan tonsilitis...kl sy batuk sdh mgluarkn drah...kira2 apa yg hrs sy lakukan...ni sy merantau dr medan...tidak pny bpjs...kl periksa drmh skit umum...kira2 brpa biayanya dokter...n sya dengar tonsilitis ini jg dilakukan operasi...untuk biaya operasinya jg brpa? trmksih

 

Jawaban :

Pasien yang terhormat, saran saya ada baiknya bila Saudara kembali berobat dan konsultasi lebih lanjut ke dokter untuk memastikan penyakit apa yang Saudara derita. Seperti yang Saudara katakan bahwa Saudara sakit tenggorokan dan pernah periksa dan dinyatakan Tonsilitis, saat batuk juga mengeluarkan darah.

Sebagai info :

Tonsilitis adalah proses peradangan tonsil (amandel) dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, bisa terjadi bersamaan dengan radang tenggorokan yang biasa dikenal dengan sebutan Tonsilofaringitis (infeksi amandel dan dinding faring/tenggorokan).

Gejalanya :

  1. Nyeri saat menelan
  2. Nyeri tenggorok
  3. Rasa mengganjal di tenggorok
  4. Mulut berbau
  5. Demam
  6. Mendengkur
  7. Gangguan bernafas

 

Radang Tenggorokan adalah proses peradangan di tenggorokan dan biasanya terjadi pada saat peradangan, dinding faring (tenggorokan) mengalami penebalan dan pembuluh darah melebar. Bila dipaksakan batuk yang terlalu keras, dapat mengiritasi dinding tenggorokan sehingga mengeluarkan darah akhirnya timbul rasa nyeri di tenggorokan saat makan dan minum.

 

Jadi bila ada pasien batuk dan sampai mengeluarkan darah bisa saja karena :

  1. Radang tenggorokan atau
  2. Infeksi yang terjadi dari paru-paru

 

Bila Saudara ingin menjalani operasi, itu harus direncanakan dan kondisi pasien :

  1. Tidak dalam keadaan infeksi amandel hebat
  2. Tidak batuk

Jadi saya sarankan sebaiknya Saudara datang berobat ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Masalah BPJS, sebaiknya dari sekarang Saudara mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS. Masyarakat seharusnya mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sewaktu sehat.

Biaya berobat rawat jalan ke Poli THT sekitar Rp. 70.000,- (Diluar pemeriksaan penunjang dan obat-obatan)

Biaya operasi di ruang rawat (contoh) kelas III sekitar Rp. 3.300.000,- (belum termasuk akomodasi, tindakan medis lainnya dan obat-obatan)

Silahkan menghubungi bagian Humas (0811 5425021) untuk informasi lebih lanjut.

 

Chintriany Hardiningsih, Sp.THT,M.Kes

dan

Humas RSKD