Nama : P.G.
Usia : 33 Tahun

Pertanyaan :

Selamat Malam Dokter, Mohon dibantu, akhir2 ini saya memiliki tensi diatas 150 /100 sampai 160/120.hal ini sudah saya alami selama 1 bulan lebih. Saya juga belum mengerti apa karena makanan atau stress di pekerjaan. Yang ingin saya tanyakan, semenjak tensi saya tinggi tiba-tiba di kepala bagian belakang ada benjolan, masih kecil.cuma klau dipegang ada rasa sakitnya.. Apakah benjolan ini akibat tensi saya tersebut atau ada hal lain yang menyebabkan. Ijinkan saya cerita sedikit..tahun 2001 saya accident tabrakan sama mobil, helm yang saya pakai terlepas, dan kepala saya membentur jalan raya..akibat itu saya geger otak, dan sempat kesusahan mengingat nama teman..waktu itu dokter yang memeriksa menyarankan saya setiap 5 tahun tolong dicek kepala bagian belakangnya ditakutkan adanya penggumpalan darah. Mohon masukannya serta sarannya, sebaiknya saya berobat ke spesialis mana.

Terimakasih Salam Hormat.

Jawaban :

Yang terhormat Bapak P.G.

Pertama-tama kami ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Bapak di Website RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan kepercayaan Bapak membagikan masalah kesehatan Bapak.

Dengan membaca permasalahan yang Bapak sampaikan, kami melihat ada 3 permasalahan yang Bapak hadapi yaitu :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Benjolan di kepala
  3. Riwayat gegar otak

Ketiga permasalahan tersebut kemungkinan kecil saling berhubungan satu sama lain.

 

Permasalahan Pertama :

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, dengan tekanan darah sebagaimana yang Bapak sampaikan nampaknya Bapak sudah memerlukan bantuan dokter untuk memastikan apakah benar memang tekanan Bapak demikian dan bila benar sepertinya memerlukan pengobatan yang tepat.

Permasalahan Kedua :

Terkait dengan benjolan di belakang kepala, menurut saya tidak ada hubungannya dengan tekanan darah yang tinggi tersebut. Benjolan di belakang kepala dapat saja merupakan suatu hal yang normal (penebalan kulit atau pembesaran otot-otot) ataupun hal yang tidak normal (tumor, infeksi). Kembali lagi, nampaknya perlu dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan memastikannya.

Permasalahan Ketiga :

Terkait dengan riwayat gegar otak di tahun 2001, menurut saya tidak ada hubungannya dengan benjolan maupun tekanan darah yang dialami sekarang. Demikian pula pemeriksaan setiap 5 tahun sekali tidak perlu dilakukan, sebab tidak akan terjadi penggumpalan darah akibat cedera kepala yang lalu.

Terakhir, berkaitan dengan Dokter Spesialis apa yang ingin Bapak kunjungi, Bapak bisa datang ke Dokter Umum terdekat terlebih dahulu, baik untuk penanganan awal tekanan darah tinggi maupun untuk memeriksakan benjolan dibelakang kepala. Seandainya dokter tersebut mempertimbangkan perlu penanganan lebih lanjut, kemungkinan besar untuk darah tingginya akan merujuk ke Dokter Spesialis Jantung atau Penyakit Dalam, sementara untuk benjolan dibelakang kepala akan merujuk ke Dokter Spesialis Bedah atau Bedah Saraf.

Demikian jawaban dari kami, semoga Bapak berkenan.

 

Terima kasih,

dr. A. Z. Ma’ruf, Sp.BS