PIO RSKD

Pelayanan Informasi Obat RSKD 

Salam sehat...!!

apa kabar, semoga sehat selalu..

PIO RSKD merupakan suatu inovasi dari Instalasi Farmasi RSKD untuk memberikan pelayanan informasi mengenai obat bagi pasien dan tenaga kesehatan khususnya di lingkungan RSKD

Untuk edisi perdana kali ini, tema yang akan kami angkat adalah

“Waktu Yang Tepat Minum Obat” .

Sebuah hal yang sering kurang diperhatikan namun akan sangat berpengaruh terhadap hasil pengobatan yang ingin dicapai

simak ulasan lengkap di edisi perdana kami yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua...

 

Waktu yang tepat Minum obat

 

Obat akan memberikan efek optimal jika diminum pada waktu dan dosis yang tepat.  Waktu yang tepat yang dimaksud adalah sebelum atau bersama atau sesudah makan maupun pagi, siang atau malam. Mengapa demikian?

Obat merupakan senyawa kimia dengan sifat dan efek yang berbeda-beda.  Obat yang telah masuk ke dalam tubuh akan melewati saluran pencernaan (lambung dan usus). Beberapa obat ada yang berinteraksi dengan asam lambung atau berinteraksi dengan makanan, dan ada pula yang diserap di lambung atau diserap  di usus. Karena sifat-sifat tersebut, maka sangat menentukan apakah obat tersebut diminum sebelum, bersama atau sesudah makan.

 

Apa yang dimaksud

sebelum, bersama atau sesudah makan?

 

  • Sebelum makan berarti dalam keadaan perut kosong.

Beberapa obat yang baik diminum sebelum makan: paracetamol, amoksisilin, eritromisin, loratadin, cimetidin, cetirizin, obat antihipertensi (captopril). Obat–obat ini diabsorbsi dengan baik dalam keadaan perut kosong

  • Minum obat bersama makan berarti obat diminum saat sedang makan atau diminum setelah 1 (satu) sampai 2 (dua) suap makan. Obat yang diminum saat makan misalnya acarbose (obat antidiabetes), obat ini memberikan efek optimal ketika diminum pada awal makan (setelah suapan pertama makan).
  • Sesudah makan berarti sesaat sesudah makan ketika perut masih berisi makanan dan tidak lebih 2 jam setelah makan. Obat-obat yang mengiritasi lambung dan memperparah sakit maag seperti aspirin, ketoprofen, deksametason sebaiknya diminum setelah makan

Obat yang diminum dengan makanan /  minuman tertentu dapat mempengaruhi penyerapan obat dan perubahan efek obat. Interaksi ini tidak selalu membahayakan, namun dapat mempengaruhi keberhasilan pengobatan. Oleh karena itu, pada saat minum obat perlu diperhatikan cara penggunaan obat yang benar, terutama kapan sebaiknya obat digunakan atau diminum (interaksi obat dengan makanan atau minuman akan kami bahas pada edisi selanjutnya).

Jika obat diminum  sekali sehari, kapan waktu yang tepat untuk minum obat tersebut? Berikut beberapa waktu yang tepat jika obat diminum satu kali sehari:

  1. Obat penurun kolesterol (simvastatin)

Obat sebaiknya diminum sebelum tidur malam karena kolesterol akan meningkat pada malam hari dan cenderung turun pada pagi hari hingga sore, sehingga obat akan bekerja dengan baik ketika diminum malam hari.

  1. Anti anemia

Waktu yang paling baik adalah pukul 8 malam. Karena dapat memberikan efek 3-4 kali lebih baik daripada jika diminum pada waktu yang lain.

  1. Obat-obat antihistamin (antialergi)

Keadaan alergi yang memicu demam, bersin, gatal, hidung tersumbat disebabkan oleh debu atau penyebab alergi yang lain. Obat antihistamin jika diminum sekali sehari sebaiknya diminum pada malam hari karena keadaan alergi memburuk saat malam hingga pagi hari. Obat anti alergi yang diminum sekali sehari memiliki efek optimal setelah 12 jam sehingga penggunaan malam hari mampu mengontrol gejala alergi.

Demikian informasi waktu minum obat yang tepat secara umum. Selalu tanyakan kepada apoteker atau dokter mengenai waktu minum obat. Jika sudah tertera waktu minum obat dengan jelas dari apotek atau dokter, maka minumlah obat sesuai petunjuknya. Semoga bermanfaat.

Sumber:

http://www.aarp.org/health/drugs-supplements/info-12-2013/timing-of-daily-medications-key.html#quest1

https://zulliesikawati.wordpress.com/2010/04/03/kapan-waktu-minum-obat-yang-tepat/

Kami ada karena peduli pada masalah obat anda

Semoga kami tetap menjadi mitra kesehatan anda yang setia

 

M.Haryadi Saputro, S.Farm.,Apt