Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo

logo rskd1

Pengukuran Budaya Keselamatan pada Staf RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan

Keselamatan pasien (patient safety) merupakan isu global dan nasional bagi rumah sakit serta merupakan komponen penting dalam mutu pelayanan kesehatan. Perhatian dan fokus terhadap hal tersebut didorong oleh tingginya angka Kejadian Tidak Diinginkan (KTD) yang berkisar pada angka 4-16,6% di seluruh dunia dan hampir 50% di antaranya merupakan kejadian yang dapat dicegah. Adanya KTD selain berdampak pada peningkatan biaya perawatan juga dapat menimbulkan konflik antara dokter/petugas kesehatan dan pasien, serta tidak jarang berakhir pada tuntutan hukum yang merugikan rumah sakit. Data KTD di Indonesia masih sulit diperoleh tetapi dapat diasumsikan angkanya tidaklah kecil.

RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan telah memulai gerakan keselamatan pasien seiring dengan dibentuknya Komite Mutu dan Keselamatan Pasien (KMKP). Dengan besarnya kapasitas tempat tidur, tingginya angka BOR, dan kompleksitas pelayanan, maka sangat memungkinkan terjadinya cedera atau insiden baik yang merugikan pasien maupun tenaga kesehatan itu sendiri.

Langkah penting yang harus dilakukan adalah membangun budaya keselamatan dan hal ini diawali dengan pengukuran budaya keselamatan. Kuesioner/ pengukuran ini bermanfaat untuk mengetahui tingkat budaya keselamatan di rumah sakit sebagai acuan menyusun program kerja dan melakukan evaluasi keberhasilan program keselamatan pasien. Oleh karena itu, kami mohon partisipasi Bapak/Ibu Staf RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo untuk mengisi kuesioner dengan cara klik pada tautan berikut: https://goo.gl/forms/Jxh62lpdZxHWvCAp1

Salam,

KMKP

Copyright © 2019 RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Developed by Jasamedika Saranatama